ShoutMix chat widget

Jumat, Februari 04, 2011

Mengakali keterbatasan Skid Patch by Galihleo

Kita semua tahu, hubungan fixie dengan skid itu sangat erat sekali, bahkan skid sudah menjadi salah satu menu wajib bagi yang maen fixie. Karena dengan skid inilah kita bisa memelankan hingga menghentikan laju sepeda kita…
Masalahnya, dampak negatifnya adalah skid itu makan ban… dan ban itu harganya ga murah…
Skid patch bisa di dapat dengan mencari pembagian (dengan bilangan yang sama) dari jumlah teeth pada crank dan jumlah teeth pada cog… usahakan jumlah skid patch dua digit (10 keatas), biar ban tetep awet..
Menurut saya ada dua solusi, solusi non teknis dan solusi teknis…

Solusi non teknisnya menurut saya adalah, pasang rem depan.. dengan rem depan terpasang, biasanya niatan buat skid sedikit berkurang…

Solusi teknisnya adalah:
1. Pake Cog bilangan prima: 17 atau 19 yang sudah banyak tersedia di pasaran (ulir atau six bolt buatan temen kita)
2. Pake chainring bilangan prima (53 atau 47), untuk yang 53 agak mudah didapatkan, biasanya crank road ada yang pake kombinasi 53-39, tinggal copot aja 39-nya, pake yang 53. Dengan pake chainring ini, skid patchnya menjadi berapapun teeth yang ada di cog kita…

Dengan solusi nomor 1 dan 2 tersebut langsung selesai masalah, skid patch otomatis langsung nambah (apalagi kalo masuk kategori ambidextrous skidder..). tapi kendalanya adalah, harus beli lagi, dan harus itung-itungan rasio lagi..
Lalu gimana kalo misalnya saya udah pas ama rasio yang saya pake dan lagi males untuk beli-beli lagi karena ada kebutuhan yang laen? Di nomor berikutnya saya akan coba jelaskan solusi teknis yang asal-asalan, hahahhaha…

3. Eng-ing-eng… saatnya ngasal…
Yaitu dengan rajin memindah posisi roda belakang… maksudnya gimana? Roda belakang di pindah ke depan? Oooh bukan-bukan…
Maksudnya gini, contohnya sepeda saya, rasio 48-20, menghasilkan 5 skid patch, tentu 5 skid patch bukan angka yang menyenangkan… (gambar saya ambil dari google, dengan sedikit sotosop)…



Di gambar menunjukan skid patch yang ada (titik kuning)…

Sebenernya cara ini bukan untuk menambah angka skid patch, angka skid patch adalah hasil hitung-hitungan eksak dari pemakaian rasio gear… tapi cara ini menurut saya lebih untuk “menggeser” titik skid patch sebelumnya…
Jadi misalnya titik yang kuning itu adalah skid patch yang ada, maka bagian ban yang cepet abis hanya di titik itu saja, dengan menggeser titik skid patch dari titik sebelumnya, maka beban bagian yang cepet abis juga akan bergeser (tidak hanya di satu titik).
Caranya, pertama kita bisa lepas rante kita, lalu geser roda sedikit (kira-kira diantara titik skid patch satu dengan yang lainnya), lalu pasang kembali…



Nah, titik orange itu adalah skid patch yang baru yang bergeser… masih tetep 5 kan? Tapi bebannya sudah bergeser dari titik semula… jadi permukaan yang kegerus ga itu-itu aja… mungkin cara ini bisa kita lakukan secara regular tiap beberapa kali setelah riding, agar distribusi beban lebih merata…

Demikian sharing asal-asalan saya, mohon dikoreksi kalo ada kekurangan dan kesalahan, dan silahkan kalo ada yang mau menambahkan atau kalo ada yang punya cara lain yang lebih tepat, hehehe…

4 comments:

Coba bantuin ngasih solusi asal-asalan y...
kalau diatas menggeser posisi ban belakan kedepan. kenapa kedepan..?
ya kalau kebelakan mentok dengan rantai. jadi digeser kedepan.
tapi sebenarnya saya mau ngasih Sharing asal-asalan. kalau sekiranya ban sudah tipis. bagaimana kalau seperti pepatah lama. berat sama dijinjing, ringan sama dipikul. maksudnya ban belakang ditukar dengan ban depan.

hahahaha Thx but infonya yaa...........! tp ane pake 16-46 skid patch'nya 8 apa bisa di akal serti itu trims............!^^

@masrullah : thx atas sarannya, tapi menukar ban yg sudah tipis ke depan menurut mbah sheldon sangat tidak dianjurkan. dengan asumsi sebagai kontrol jika ban depan terjadi sesuatu misalnya pecah dan dalam kondisi kecepatan tinggi maka akan fatal akibatnya. klo saya biasanya membeli ban baru kemudian ban depan dipindah kebelakang, jadi kondisi ban depan selalu lebih baik dari belakang.

@anonim : sebenernya skid patch 8 cukup banyak tapi ga ada salahnya jika mau coba tips diatas.

tepos... bli lagi ta? gtu ja repot

Posting Komentar