ShoutMix chat widget

Sabtu, April 03, 2010

Budget Merakit Fixed Gear

mas saya mo ngerakit sepeda fixie bajet seadanya dl,brp n dmn yah mas????? (konde)

pertanyaan ini masuk ke shoutmix pada tanggal 02 April 2010. Sayah akan coba menjawabnya disini agar lebih jelas dan bisa panjang lebar.
Budget atau dana yang harus disiapkan memang penting ketika kita merencanakan sesuatu, bahkan ketika memutuskan untuk bersepeda hal ini menjadi sangat penting karena banyaknya part atau komponen yang tersedia dengan berbagai variasi harga.

"jadi berapa kang ngerakit fixie bajet seadanya??"
"hem,mungkin seharusnya pertanyaannya berapa bajet ngerakit fixie seadanya??"

pertama kita harus tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang kita butuhkan untuk membangun sebuah sepeda fixie.berikut adalah komponennya :

















1.Frame
2.Fork
3.Handle bar
4.Grip
5.Stem
6.Headset
7.Crank
8.Bottom Bracket
9.Cog
10.Pedal
11.Strap&toe clips
12.Sadel
13.Seat post
14.Rims
15.Hub
16.Spoke
17.Tire
18.Inner tube
19..Rantai

beberapa part yang harus juga dimiliki dan dibawa ketika mengendarai fixie :
1.Pompa
2.Kunci 15
3.ban dalam cadangan


langkah berikutnya menentukan merk dan harga dari komponen yang akan kita beli, usahakan taat pada daftar belanja yang telah kita buat bila tidak mau budget membengkak.

"kira-kira habis berapa kang??"
"pertama kali merakit fixie sayah hanya menghabiskan 400ribu rupiah saja"
"ko bisa??"

ya bisa, karena sayah membeli sepeda fullbike seharga 100ribu, kemudian tinggal sayah ganti mekanismenya menjadi fixed gear,tapi ini benar-benar seadanya,cukuplah untuk merasakan sensasinya dulu.seiring waktu, ternyata fixie pertama sayah tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan sayah dan akhirnya sayah upgrade beberapa komponennya,ups bukan beberapa, tapi seluruh komponennya hanya menyisakan frame saja dan kurang lebih sayah telah menghabiskan sekitar 2 jutaan untuk mendapatkan fixie yang saya gunakan saat ini.
Ada 3 acuan dalam merakit fixed gear : Light, strong dan cheap.kita harus memilih dua diantara tiga.bila stong dan light, sudah pasti tidak cheap.atau bila pilih strong dan cheap, pasti tidak light.begitu juga bila kita pilih light dan cheap, sudah pasti tidang strong.
so jadilah pembeli yang cerdas,bila perlu kunjungi teman-teman fixie yang biasa kumpul rabu malam dan minggu pagi ditaman menteng.SKSD ajah, tanya-tanya dan coba-coba sepeda fixie. siapa tau ada komponen teman-teman yang nganggur dirumah dan dijual dengan harga murah.
karena sepeda ini sangat simple,bengkel biasapun dapat dengan mudah merakitnya.
satu lagi, gunakakan rem dan pakai helm untuk keselamatan.

131 comments:

ada referensi part fixie yang murah gak gan? :)

thanks :)

cek disini gan http://write-bike.blogspot.com/2010/07/ada-referensi-part-fixie-yang-murah-gak.html

kang, saya minta saran dan petunjuknya dong. sekarang masih bisa ga bangun fixie 400rb?
furqon

hem..rada sulit untuk sekarang om soalnya lagi rame bgt.tapi seandainya dapet sepeda fullbike murah sih bisa2 aja.saran sayah untuk yg budget terbatas jgn ngerakit, tapi beli sepeda 2nd yg masih ok terus ganti hubnya jadi fix akan jauh lebih murah

maav mas aku mw tnya mksudnya Light, strong dan cheap pa yah !!
sya kurang paham tuh !!
and then..

pa bisa merakit fixie tu mke komponen sepada biasa??sperti gear,hub,rims,jari2nya,dan ban ??tolong penjlasan nya yah mas,cz mulai ini saya deh mngumpulkan budget na untuk mulai merakit fixie !

doakan semoga berhasil yah !!
trims
^^

Jadi begini.klo km mau sepeda kamu kuat tapi ringan pasti harganya mahal,klo sepeda kamu murah dan kuat pasti bobotnya berat dan klo sepeda km murah dan ringan pasti tidak kuat.kira2 begitu.

Inti dari fixed gear kan mekanisme geraknya jadi part sepeda apapun bisa digunakan.

ass.. kang ada yg dijual yg dah jadi gk? brapa kira" harganya..cz dimakassar gk da neeah?
by Haris

@haris : yang jual jadi lumayan banyak sekarang.
1.bisa beli zenith polygon (klo dah keluar) sekitar 3.9juta
2.bisa beli ventura (klo ga salah) di ace hardware sekitar 2,**jt
3.bisa beli yang second dengan harga berkisar 2-3juta
harga fixed gear biasanya tergantung brand dan komponen
untuk info2 tersebut bisa joint di group FB fixed gear fever indonesia,follow twitter ID_Fixed, bisa juga cek kaskus
happy hunting!!! kirim fotonya yah klo dah berhasil dapet sepeda idaman.

mahap kang nube nih masalah speda tapi lgi pengen punya speda fixie, numpang tanya... yg di foto atas itu ukuran frame nya brp y? mereknya?? boleh juga modelnya..
saya pengen cari frame secon, kira2 ad rekomen ga merek ato jenis yg kualitas baik.. thank's

mohon bantuan gan, saya masi nubi..;)
gan bantu info frame yg kualitas baik harga terjangkau yg cocok di gunakan untuk merakit sepeda fixie...
thanks before...

gde : menurut sayah frame yg bagus adalah frame yg sesuai ukuran tubuh kita. percuma klo frame bagus tapi kebesaran atau kekecilan karena ga akan nyaman digowesnya.
klo ukuran dah dapet baru masuk ke budget. klo under 500 berarti bisa cari frame road lawas atau federal lawas. klo under 2jt bisa beli frame baru origin8 atau 8inch.klo punya budget diatas itu pilihan makin banyak.
happy hunting.kabarin yah klo dah dapet framenya!!

wah bner tu boss cm 400rb.,, bikin donk..,, krim k depok bisa ga???

@abercromb: beneran itu fixed gear pertama sayah 2 tahun yg lalu.beli sepeda road 27 fullbike 100rb.beli hub dan cog becak.cat sendiri dengan kompressor tetangga. jadi deh. hem.. sayangnya saat ini harga sepeda road semakin mahal seiring tren fixed gear yg semakin ramai.coba hunting ke toko2 biasa deh siapa tau km beruntung

Oom, saya punya frame federal lama (city cat kayaknya), tahunnya mungkin 1993, sepertinya frame buat cewek karena toptubenya turun kebawah dan bukan lurus (bingung jelasinnya). Tapi ban pasti 26". Bisa ndak ya saya buat fixie? dengan ukuran velg tentunya 700? masuk ngga ke fork depan? maap ya oom banyak nanya...

@bowo: penjelasan kamuh dah cukup bagus,sayah ngerti ko bentuknya. frame kamuh bisa buat fixie,kan fixie tentang mekanisme geraknya dan dulu beberapa temen juga pake frame federal.fork depan juga masuk ban 700c.sepeda sayah dulu juga pake fork 26",sayah masukan ban 700cx23.ayo jadiin sepedanya.kirim fotonya yah klo dah jadi

the Dj : mohon bntuan gan.
ukuran velg ma ban yg lazim wat fixie brp gan ?
Trus,saya pakai rangka federal lama(toptube nya melintang sejajar lurus geto,speda cowok lah).
pantas gk kalau di kasih velg ma ban yg lazim wat fixie.
Mksh gan..

@theDj: banyaknya sih pake 700c.tapi beberapa fixie trik mulai pake ban 26. basic frame federal sebenarnya pake ban 26. tapi klo mau pake ban 700c ga masalah juga.beberapa teman mencoba dan berhasil cukup bagus ko.tapi klo mau pake 26 juga ga kalah cakep trus jadiin sepeda trik deh.

buat jari2 lurus ky velg depan tuh gmn se gan??

bawa aja kebengkel yang biasa truing/stel velg bilang dibuat radial jari2nya.tapi ada kelemahannya klo jari2 dibuat radial begini.klo untuk track mungkin ga terlalu masalah tp klo untuk trik jari2 radial ga terlalu kuat karena ga ada ikatan/kepangan dengan jari2 lain sehingga akan lebih sering stel velg

how about samrock,exitways,promex model?bisa bagus?

@sss apapun sepeda/frame-nya bisa dijadiin fixi (coz fixed gear itu mekanismenya bukan rupa sepedanya). Kalo masalah bagus sih, itu kembali k penggunanya alias selera. Tapi emang klo mo ngikutin style yg berkembang kebanyakan yg modelnya road, walaupun bnyk tipe laen ky 26", dll.

koreksi klo ada salah ya,....

permisi, saya punya sepeda Federal cycle 2000, sepeda yg udah lama sekali, velgnya pun lumayan besar tapi saya enggak tau ukurannya berapa, untuk menjadi fixie apakah cuma mengganti mekanisme saja? apa ada yg harus dirubah yg lain, thanks

@okky : basic frame federal biasanya MTB. jadi ukuran bannya pun biasanya 26". bisa ko dijadiin fixie, kan cuma ganti mekanisme ajah.ganti hub dan cog yang tanpa freewheel dan jadilah sepeda fixie. coba googling deh beberapa temen ada yg pake frame federal untuk fixie trik dan hasilnya lumayan ok.

Agan Kendi

saya baru punya frame & fork, truss mau beli Velg,masalahnya saya nga tau cara mengukur ini pass pake velg berapa.

dan apa sih artinya 700c

thx agan kendi

agan kendi, ini saya okky yg waktu itu nanya, HUB belakang fixie panjangnya berapa ya gan?, frame ane kan Federal MTB ternyata tempat hub belakang terlalu lebar pengen saya las biar kecil, ukurannya berapa ya gan pas-nya buat belakang?

Mohon bantuannya

Thanks

Maap baru sempet balas, lagi bener2 fakir bandwith sama sibuk. saya coba jawab yah

@agus : biasanya frame ada historisnya, misalnya frame mtb itu pake ban 26" road bike jadul 27", roadbike 700c dll, atau bisa ukur panjang chainstay. 700c = 622mm jadi klo mau menggunakan rim 700c panjang chainstay harus lebih dari 311mm+ban kira-kira +/- 400mm.

@ifee: sekarang banyak ko toko yang menjual fixie, coba main deh ke toko sepeda terdekat.

Okky : Spacing buat track itu 120mm sedangkan klo conversion biasanya 130mm. tapi ga perlu di las framenya tambahin spacer aja gan, sayang klo dilas framenya.

ini nenny.. aku mu bikin fixie. tp bingung mesti mulai darimana..
udah ada framenya..

wah, thanks gan atas petunjuknya Fixie saya udah jadi, frame MTB federal, kece banget, hehehhe, sekali lagi thanks info sama sarannya

@nenny : frame udah ada? sekarang berarti cari konsep yg pas dulu. kaya warna dan part2 yg mau di cari. setelah itu selamat berburu.klo masih blm jelas boleh ditanya2 nanti dibantu sebisanya.

@okky : wah udah jadi?kirim dong fotonya ke writebike@gmail.com kasih spek dan total biayanya yah

gan,,saya mau nanya..saya mau buat fixie gan,dikasih bajet 3juta,tp disuruh buat 2,jd masing2 1,5jt..itu kira2 udah lumayan belom gan nanti spare part nya ?

cari di pasar loak aja..sapa tau bruntung dpt seped abagus
aku dpt road bike/sepeda balap shimano, full bike & komponen original smua...dptny 650rb
tar trus dirakit lagi jadi fixie

mau tnya ada ya sih yg jual fixie di daerah jkrta yg udh jdi tp budgetnya sekitar 1 jtan, mslhnya saya klo ngerakit sendiri ga bisa

@doni: usul dari anonim bisa dipertimbangkan tuh. tapi klo mau rakit sendiri pun bisa ko budget segitu frame soloist dan sekelasnya bisa di tebus mulai dari 300ribu. sisanya tinggal pinter2nya cari part deh

@eka : kamuh di daerah mana ka?harusnya sih bengkel2 biasapun sudah siap ko dengan part2 fixie dan terima jasa rakit.

mw tnya nih om.........
kn klo spda lma(yg bkn over size), ktnya bsa jdi fixie.
fork'y pke fork apa????
ada jualan'y+ hrga'y brp?????
mksih om........
info'y sgt brguna......

@bikers69: bisa jadi fixie kan fixie tentang mekanisme aja. pake aja fork yg lama. tp klo mau ganti pastikan forknya jgn yg over size.

kendi : om saya minta komponen2 yang bagus sama harganya buat bikin fixie...
tolong ya om..

wah panjang ini urusannya.. komponen bagus banyak tergantung mau yg gimana. klo buat yg suka NJS pasti part2 NJS sangat menarik, yg main trik pasti beda lagi part2 bagusnya.hehehe

newbie fixie :
mohon pengertian ukuran frame 27/54, 27/52 dll? gmn cr ngukurnya?

misi om mau tanya nich newbie.
saya rencana mau ngebangun fixie tinggal nyari part-part'y aja.saya baca ada refrensi'y disini.hhehehe
untuk mengakali hub mengunakan hub mtb yg dipake biasa'y hub depan mtb yah?
apa bisa 22'y?
mohon penyecerah'y.hehehehe

@Anonim

Untuk hub MTB bisa 2-2 nya, nih ada kutipan dari postingan yg ada di blog ini juga ;
"a. hub 6 bolt MTB yang biasanya untuk disk brake
b. cog yang sudah dilubangi sesuai ukuran hub. bisa dilubangi di tukang bubut atau pake cog #fufufu yang sudah ready lubangnya dan tinggal pasang. lebih presisi dibanding melubangi ke tukang bubut tentunya."
Tuk lebih lengkap nya ada di sini http://write-bike.blogspot.com/2010/07/ada-referensi-part-fixie-yang-murah-gak.html

permisi agan kendi,nubitol mau bertanya.
minta tolong penjelasannya tentang stem,bottom bracket,cog,hub
soalnya di gambar di atas kok saya kurang jelas.
terus katanya ada ya salah satu komponen yang namanya sprocket,itu apa ya gan?
maturnuwun...

maaf om
saya mau ngerakit fixie, saya punya framenya.
kira2 overall kalo cuma punya frame doang budgetnya berapa?
thanks

@anonim.. maaf y klo slah..

stem...tempat untuk handle bar(stang)
bottom bracket...bwt nghubungin crank arm sm sprocket
cog...gear belakang ^.^
hub...susah jlsin ny
sprocket...chain wheel (gear depan)

@anonim : tentang ukuran frame sayah akan mencoba membuat postingan tersendiri

@anonim : tentang hub mtb yg dikonversi bisa digunakan hub depan, hub belakang dapat digunakan tapi dengan catatan OLD dr frame lebih dari 120mm yang artinya menggunakan frame bekas roadbike ataupun frame yg sebelumnya memiliki multi speed

@anonim : stem = bagian yg menghubungkan steerer fork dengan handlebar
bottom bracket = bagian yg menghubungkan crank arm kanan dengan crank arm kiri terletak di dalam bagian bawah frame
cog = gear belakang
hub = tromol/bagian dari wheelset yaitu tempat poros daripada roda
sproket = bila di mtb istilah ini untuk gear belakang, di fixie kurang mengenal istilah sproket tapi chainring/gear depan crank 3 piece beberapa orang menyebutnya sproket

@anonim = wah masih banyak yang perlu dibeli. udah liat kan list barang yg harus dibeli?klo masalah harga kembali kepada masing2 individu mau menggunakan brand/merk apa, karena masing2 merk berbeda harganya

@A-b = terimakasih A-b atas bantuannya dalam menjawab

om om mau nanya dong. kalo frame+fork bmx bisa dijadiin fixie gak ?

bisa, kan fixie tentang mekanisme geraknya. ya tinggal ganti hubnya ajah.tapi roda tetep ukuran bmx yah! ga bisa ganti 700c atau 26

Bow Joe mengatakan...
gan Klo mo cari part seken kyk SanMarcogt dmn yah...

gan kalo frame nya ontel bisa buat frame fixie gak gan?

@anonim : bisa online cari di bukalapak atau foollow twitternya fixiebikemarket yg biasa mengRT twitt teman2 yang berniat menjual part2 yang tidak lagi digunakan

@Lil'J : onthel bisa2 ajah karena fixie gear kan tentang mekanisme gerak.tapi bila kemudian di ganti rimsnya menjadi 700 akan terlihat kurang oke karena basic onthel rims 28.sama klo dari berat mungkin onthel sedikit lebih berat

om saya mau nannya kalo bikin fixie dari frame BMX bisa ga ???
terus apa aja yang harus di sesuain selain fork nya yang kurang gede ???

@fajar : wah ini mau di ganti pake ban 700? klo tetep pake ukuran 24 sih bisa, tapi klo dirubah jadi ban 700c PRnya banyak sob. mending cari frame federal aja deh

mas, boleh minta daftar2 komponen yang bagus untuk merakit fixie ga??
kalau boleh,
bisa dikirim langsung ke email saya ya ( kea_thing@yahoo.com)
makasih banyak

permisi mas,
bolehh minta komponen2 yang bagus buat merakit fixie ga??
kalau boleh, dikirim langsung ke email saya aja ya (kea_thing@yahoo.com)
THX a lot

Mas yang terhormat N baik hati,saya msh newbie nih ttg fixie,abs keren aja tu fixie klo diliat.. lagsg aja ni sy mw tanya dirumah pnya frame federal tahun 2000an kra2 bs dmodif jd fixie gk?

trus part2 apa aja yang musti saya beli utk jd fixie,dr yang bagus sampe yang standar.. tlg dikirim y mas k email saya(abdillah.hidayat@gmail.com)

thx mas
hidup fixie untuk langit yang lebih biru..

Geboiye menanyakan...

Gan Kendi, saya mau tanya dunk....
sebenernya saya sama sekali ngga tertarik sama sepeda, tapi dengan maraknya sekarang kayaknya ngga bersepeda berarti ngga "gaul", nah terus saya coba paksakan untuk tau tentang sepeda dan disini ada sesuatu yang "gaul" tentang fixie... pendek cerita, untuk sepeda fixie yang framenya paling gede, remnya pake torpedo, rimsnya eye chaching & masuk dalam dunia gaul car free day khususnya untuk dipake di ekopark ancol, kira2 bisa ngga kalo saya cuman punya budget 2jt-an ?

@anonim1 :sebenernya barang yg harus dibeli ya yg saya jabarkan diatas, masalah bagus atau engga kembali keselera masing2 dan budget masing2. yg perlu diingat adalah fixed gear itu tentang mekanisme bukan yg lainnya.jadi yg spesifik hanya di hub bukan yg lainnya.

@hidayat: wah beruntungnya punya frame federal, sayah malah lagi pengen frame federal. untuk trick frame ini cukup bagus.jadi framenya bisa ko untuk fixed gear.

anonim2: budget 2 juta cukup ko, tinggal pintar2nya kita memilih part aja om.btw torpedo itu tidak masuk kategori fixed gear loh tapi single speed karena torpedo masih terdapat mekanisme freewheel.

ass
kang saya pnya sepedah biasa nah mau dirubah jadi fixe ,
apa aja yang di butuhkan yaa ??
kira kira berapah semuanya??
makasih yaa
wass

ass
aku punya sepedah balap yg biasa pengen di rubah jadi fixed gear,
apa aja yaa yg haru di ganti?
kira-kira berapah?
makasih banyak di tunggu blsannya
wass

maaf bang mau tanya kalo harga ban dan velg'a aja berapa ya dan kalo merakit sendiri kira kira kena harga berapa ya..

@hilman : fullbike or frame aja klo full bike kamu tinggal baca artikel ini http://write-bike.blogspot.com/2010/07/ada-referensi-part-fixie-yang-murah-gak.html tapi klo frame yah kamu harus eli semua part yg sayah list di atas

@tommy : saat ini pilihan velg/ rims sangat beraneka ragam. coba kamu survey di bengkel2 terdekat.

om, frame bmx bisa dipake ban ukuran 26 ga? saya liat di google ada fixie yang pake frame bmx link: http://img59.imageshack.us/img59/7084/3307769554dcd99a2f2eb.jpg

http://img59.imageshack.us/img59/7084/3307769554dcd99a2f2eb.jpg boleh tanya ga, ukuran ban di gambar itu berapa? thanks

@muhammad : sayah ga bisa buka gambarnya euy, coba kirim ke writebike@gmail.com.
sebenernya bisa aja pake frame bmx, tapi klo udah pake ban 26 banyak rubahnya. lagi pula frame bmx terlalu slooping jadi agak kurang nyaman digowesnya.ditunggu gambarnya yah

@tommy : sama-sama maap klo kurang memuaskan jawabannya

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5212976&page=98 coba liat di web ini.

@muhammad : klo ga salah terawang itu depan sama belakang beda ukuran yah. depan 650c belakang 700c. cuma rombaknya lumayan tuh.mesti ganti fork n pastiin dulu deh ban 700c muat ga yah di belakang?

makasih jawabannya ..
sebentar lagi fixe aku mau jadi doain yaaa hehehe
makasih

oh iya mau tanya kalau gear yang di belakang yang kaya gimana??
kira kira berapa?
aku tinggal gear yg di belakng ituu<mohon jawab yaa
makasih :))

@Hilman : gear belakang itu biasa disebut cog. besarnya ada yg 12T-22T untuk memilih cog, pastikan besarnya chainring crank karena bila perbandingan terlalu tidak pas bisa menyebabkan kayuhan terlalu berat atau terlalu ringan. perbandingan yg umum dipilih untuk track 48T-19T, 48T-17T, 46T-17T, 46T-16T, 44T-15T sedangkan untuk trik akan berbeda

yang kaya gimana sih ??
saya bingung ,
kalau chainring crank apa?
makasih

mohon info mas kendi,klo tmpt buat ngerakit fixie dimedan (sumut) ada referensinya jg ga,mklm saya masi newbie.
makasi.*bella*

bang saya sudah tanya ke bengkel - bengkel terdekat kalo full bike/ udah jadi sekitar 1,3an, trus kalo rims dan ban'a aja beragam juga harga'a ada yg 200-300an. terus bang kalo framenya merk RALEIGHT bisa di jadi in fixie gak ya...
makasiii

om mau tanya,,aku masih bingung maksudnya ban 700c apaan??trus kalao punya frame jengki mau tak jadiin fixie kirakira bagus gak ya??

om mau tanya,,aku masih bingung maksudnya ban 700c apaan??trus kalao punya frame jengki mau tak jadiin fixie kirakira bagus gak ya??

@Hilman : chainring itu gear depan
@anonim : coba yg di medan ada yg bisa bantu?
@tommy : memang sekitar segitu kynya sekarang. frame raleight yg roadbike?wah keren tuh.harusnya bisa
@bagusyuda : 700c itu sekitar 622mm klo ga salah itu diameter roda. frame klo mau pake ban 700c lebih ok klo basicnya 700c juga.

betul bang trus kalo rims sama ban yg cocok buat itu sepeda yg ukuran berapa ya ..

Permisi !!
maaf ganggu
mau tanya nie oom,, klo fixie paling kecil ukurannya berapa ya??

maaf mau tanya...
klo tempat jual fixie di bandung dimana ya?

@tommy : pake 7ooc
@zaki 99 : fixie paling kecil?bisa pake sepeda anak2 :D memangnya tinggi kamu berapa?di bandung udah mulai byk ko yg main fixed gear harusnya bengkelnya mudah di temukan. ayo ada yg bisa bantu zaki?

aku gk tau tinggi aku..
tapi kira2 aku tingginya sekitar orang yg umurnya 12 thn.

klo harga fixie yg biasa brpa??

@zaki: saya sudah posting tentang ukuran frame, selamat mengukur.klo harga sih mulai 2 jutaan mungkin saat ini sudah lumayan

klo gear nya aja berapa ya?
bisa di pasang di sepedah perempuan yg kya ontel gk?

@zaki : tergantung brand, klo sixbolt model fufufu sekitar 175.000 itu tergantung hubnya. klo yg ulir 1/8inch sekitar 250rban.

kalo frame federal bisa jd fixie ??
terus apa aja yg di butuhin utk jadiin fixie??
tq,,

Permisii.. Ikutan yak.. Hehe..
Gw baru beli vintage road bike second n rencananya mau d jadiin fixie. Tapi ternyata frame nya kegedean. Dan disini susah nyari frame second or murah. D toko fixie harganya bisa sampe 3 jutaan bwt frame doang. Lokasi gw di frankfurt. Mungkin bisa dibantu, bro?
Thanks.

@sifando_fundo : yang dibutuhkan tentu saja hub yg mendukung bisa yg ulir atau 6bolt sisanya silahkan lengkapi dengan part2 pilihan.

@Dendy : wow roadbike vintage. di jakarta mulai ramai nih yg menggandrungi road bike vintage.kenapa ga tetap road bike ajah? :D
back to topic karena di eropa tentu yang tersedia untuk ukuran badan orang eropa yah?seberapa kegedeannya? klo berdiri diantara top tube kaki jinjit atau bisa menapak dengan utuh? klo jinjit,kegedean dan akan kurang nyaman dikendarainya.

Hahaha.. Iya nih kayaknya bakalan tetep di vintage road bike dulu.. Coz budget blom mencukupi bwt fixed gear. Disini komunitas fixed gear nya masih sdikit n jarang yg pake fixie. Disini pada pake sepeda road bike, mtb, hybrid n commuter gitu.. Gw pgn nya sih beda (padahal gw sendiri udh beda bgt sama orang sini. Wkwkwkwk)..
Jiaahh.. Brarti kegedean lah nih frame gw. Hehe..
Okslah.. Thanks yak gan..

bisa ga sih pake frame sepeda biasa???

@dendy : coba googling roadbike deh. dipakein fender sama keranjang buku didepan lucu juga tuh roadbikenya. ya wes klo kegedean dan budget tipis pake yg ada dulu ajah kan yg penting sepedaannya. kali ini tubuh menyesuaikan sepeda deh bukan sepeda menyesuaikan tubuh haha :D kirim2 dong fotonya.

@anonim : sepeda biasa itu ky apa yah?

bang, kalo frame sepeda gunung bisa gak dibikin sepeda fixie?

budget 1jt dapet gk ya gan??

kk bisa minta rician buat ngerakit fixie ga? klo bisa sih harga di daerah lampung??

kira kalo ngerakit fixie 2,3 ke mahalan gak ya gan...

anonim:sepeda gunung bisa2 aja cuma biasanya ketemu kendala diketegangan rantai. harus coba2 gear yg pas buat dpt ketegangan rantai krn umumnya dropout mtb vertikal

anonim:bisa ajah tergantung niat dan kesempatan hehehe

anonim:rincian bisa liat2 anatomi dr sepeda diatas.selebihnya pinter2 kita kombinasiin part yg pas

anonim:2.3 klo dapetnya barang yg cukup ok sih ga masalah krn harga biasanya tergantung merk,kualitas, dll tergantung spesifikasi yg kamu mau

haduuuh..infonya manfaat banget...thaaaanks a looot

bang klo saya sudah punya framenya untuk dijadikan fixed gear butuh biaya brp lg untuk pengecatan dll

mohon pencerahannya
thanks

@anonim : sami-sami
@yudha : tergantung gimana cara pengerjaannya dan bahannya. klo dikerjakan sendiri sayah perkirakan akan menghabiskan 150rb tapi bisa di kerjakan oleh bengkel cat mungkin bisa kena 250rban.

250rb untuk biaya pengecatan saja?
klo utk keseluruhan misal pelk, ban dll butuh budget brp lagi yah?
thanks :)

Gan Kendi, numpang nanya donk...
saya punya polygon type heist 1.0 2011
lihat batangannya sih oke ya cukup besar, namun ada kendala yaitu :
1. Stemnya yang terlalu lurus,
2. Handle bar juga masih standar
3. Remnya masih belum cakram/diskbrake,
4. untuk ganti rem juga harus ganti hubnya,
5. katanya sih cranksetnya harus ganti juga.

mohon saran sebaiknya diganti dengan tipe apa dan kira-kira anggarannya berapa ya... trim gan Kendi infonya...

bro kendi, numpang tanya yaa..
sya punya rims tp bingung tu ukuraany 27" ap 700c.
klo sya bandingin ma rim speda balap 27" diameterny kliatan sama, tp profil lebarny beda. lebih kecil. lebarny malah sama ky rim 700c.
cara mastiin ukurany tu gmn yaa?
trz klo seumpama rim 27 dikasi ban 700c bs ga yaa?
thx. :)

@yudha : coba deh nego dengan tempat cat terdekat sama kamu. pinter2 nego yah :D. klo 1 warna kemungkinan lebih murah dibanding klo kamu mau berbagai macam warna.

@kiki kurniadi : polygon heist 1.0 ini typenya hybrid yaitu kawinan antara mtb dengan roadbike. geometri mtb agar posisi riding nyaman dengan groupset roadbike agar cukup laju dijalan.karena penggunaannya di jalan raya ga perlu remnya diganti diskbrake.cantilever pun cukup pakem kok.jadi ga perlu ganti hub.jika stem terlalu tinggi sudutnya coba dibalik jadi posisi akan lebih nunduk.saran sayah ga perlu diganti dulu baik crank maupun handlebar. coba maksimalkan dulu penggunannya.jadi bila ganti part pastikan karena kebutuhan bukan karena gengsi :D. sepedanya ga mau dijadikan fixie kan? sayang klo jadi fixie dan kesulitannya paling tentang dropoutnya yg vertikal jadi harus pinter cari perbandingan gear agar dapat ketegangan rantai yg pas.

@anonim : ukuran 700c berbeda dengan 27" klo tidak salah selisih 8mm. jadi lebih besar diameter 27" dan rims 27 tidak bisa dikasih ban 700c.

Profesor Fixie a.k.a agan Kendi, ane mau nanya nih..
apa road bike itu yg biasa disebut sepeda balap?
ane d rumah punya (kalau ane nyebut sih) sepeda balap, framenya yg kurus itu lho. :D
sepeda ane mau ane rombak jd fixie tp budget minim Prof. Konsep warna sih biru metallic dipadu kuning.
kira2 rims standart (warnanya chrome & bentuknya standard pula) trus di cat ulang warna kuning pantes ngga Prof?
rencana ban luarnya aq kasih ban warna biru.
kira2 harga ban luar warna sepasang brapa ya prof?

makasih sebelumnya

anonim : yup road bike = sepeda balap. klo bisa dipastikan dulu ukuran bannya.karena klo ban 27" tidak tersedia warna setahu saya. tapi klo 700c ada cst yg murah meriah seharga 125ribuan perbuahnya. klo boleh saran sih konsepnya jangan warna-warni tapi ke arah vintage dengan warna-warna netral seperti chrome atau hitam

oke thanks prof.
ane hampir aja kecele mau beli ban warna, eh ternyata ukuran ban sepeda ane 27". hehe
emg yg membedakan ukuran 26", 27" n 700c tu apa ya?
apa emang semua velg fixie orisinil ukurannya 700c? n apa smua road bike ukuran bannya 27"?

oiya, konsep ane brubah jd biru metallic kombinasi krem coz ban ane warnanya item-krem
hehehe

thanks buat all infonya
:)

@anonim : yang membedakan tentu saja diameternya. fixie itu kan tentang mekanisme gerak,jadi ga ada rims khusus fixie.lalu kenapa banyak yg pake 700c karena awal fixie berasal dari sepeda track yang menggunakan rims 700c.tapi saat ini banyak juga yang pake 26" terutama yang suka trick. roadbike saat ini juga pake 700c kok.

Gan mw nanya nech, harga frame CINNELI berapa y, trus kl d surabaya dimana beli na. kasih masukan dunk ,,

@threeo : Cinelli banyak typenya loh ada gazeta, vigoreli,bootleg,mash, mash histogram dan semuanya memiliki harga yang berbeda.

gan biaya merakit dari fiksie brpa ya,yang biasa saja

dan mulai dari mana nhe?
soal nya saya tertarik bgt ma trick2 nya

gan,biaya merakit sepeda fiksie brpa ya?
dan mulai dari mana gan?

tlng di jawab ya gan :)saya tertarik bgt nhe

gaN....
saya pUnyaa baTaNG sepeda..
kira" klo saya mulai merakit sepeda tuh..
dari man di mulai..
kira" brapa biaya yaa...?

Om, kalo cog bergigi 18, gear depan cocoknya yg bergigi brapa ya?
trus kalo cog nya 20 depannya brapa?
saya bingung cz masih newbie.
jd butuh masukan biar fixie saya enak buat digowes biar ngga terlalu berat/ringan.
makasih sebelumnya

ada ga pengaruh besar crank???

@bonny pasarda : tertarik trick? buat fixed gear trick dong.bisa dimulai dari framenya. kemudian cari part2nya deh. klo full spek ato full branded sepeda trick berkisar diangka 15-18juta. tapi klo mau yang murah bisa lebih murah dengan mengatur pembelian antara yang branded dan non branded.

@anonim : klo sudah punya frame, silahkan lengkapi sesuai list diatas.

@anonim : crank nya belum ada? klo pake cog 18T bisa gunakan crank 48T atau bila cognya 20T bisa gunakan crank 50T. atau coba cek fixiestudio.com disana bisa coba2 perbandingan crank n cog.selamat mencoba

@anonim : besar crank ada pengaruhnya kalau menggunakan cog yang sama.

yupz makasih. q udah cek di fixiestudio.com
tapi masih blum paham nih.
maksudnya angka d gear inches ma angka di skid patches tu kyk gmn ya?

Om yg baex sya mau tya. Brapa y hrga roda fikie lengkap rims 3cm... Dlm arti sya tinhl msang... N kira2 biaya y bsar mana antara modif sepeda jadul ke fiki.. Dgn merkit fiki dgn frme lokal..thank sya tggu jwbn'yOm yg baex sya mau tya. Brapa y hrga roda fikie lengkap rims 3cm... Dlm arti sya tinhl msang... N kira2 biaya y bsar mana antara modif sepeda jadul ke fiki.. Dgn merkit fiki dgn frme lokal..thank sya tggu jwbn'y

numpang tanya dong.... gimana perbandingan jumlah gigi cog dengan jumlah gigi pada crank??? thank's ya...

@anonim : gear inches itu berpengaruh pada ringan atau beratnya kayuhan. semakin besar nilai gear inches akan semakin berat kayuhannya. sedangkan skid patches adalah jumlah titik pada ban jika kita melakukan skid. misalnya jumlah skid patches 1 maka ketika skid hanya di 1 titik sehingga ban akan habis di titik tersebut.

@anonim :kalo masalah harga kembali ke pilihan brand atau merk yang dipilih. rims velocity tentu berbeda harganya dengan united. hub pun demikian. jadi agak sulit mengira-ngira harganya.

@anonim : perbandingan jumlah cog dan crank sangat penting. main trik dengan track tentu berbeda perbandingannya. hal ini berpengaruh pada ringan atau beratnya kayuhan yang di dapat

om.. mau tanya nih, katanya gak semua frame bisa dijadiin fixie bike(saya baca di blog tetangga, tergantung penyangga roda blakangnya?), emgnya syarat frame biar bisa jadi fixie apa??

@anonim :
sebenarnya semua frame bisa dijadikan ko.mungkin yg dimaksud blog tetangga tentang penyangga roda belakang adalah DO atau dropoutnya yang berfungsi untuk mengatur ketegangan rantai
biasanya dikenal 3 istilah untuk itu.
1.Dropout Horizontal dropout ini umum terdapat pada sepeda track. untuk mengatur ketegangan rantai hanya perlu menarik as roda kebelakang sesuai yang diinginkan
2.Dropout semi horizontal, dropout ini umumnya terdapat pada frame sepeda roadbike jadul atau mtb jadul cara mengaturnya hampir sama dengan dropout horizontal
3.Dropout vertikal, dropout ini umumnya terdapat di sepeda roadbike atau mtb keluaran terbaru yang memiliki multi speed.ketegangan rantai diatur oleh RD.bila ingin menjadikan fixedgear tetap bisa tapi akan lebih ribet.ada beberapa solusi.
a.magic gearing, mencari ketegangan rantai dengan mencoba2 kombinasi gear sehingga dapat yg sesuai akan lebih mudah mencobanya dengan menggunakan rantai half link
b.menggunakan eno centric hub.yg saya tau keluaran dari white industries dan harganya cukup mahal.

lain kali akan saya coba post dengan gambar yah.

saya bener2 pemulan gan! caranya gmana buat menyalurkan hoby ini? mohon pencerahan! makasih!

@zakiawan : caranya tetu saja punya sepedanya kemudian gunakan semaksimal mungkin. :D

misi gan...saya udah punya sepeda bmx mau di rubah ke fixie..komponen apa aja yg perlu di rubah ya?

@Fixie Fever : yang pasti hubnya. btw pake frame BMX tapi tetap pake ban 20 loh ga bisa klo pake ban 700c

nanya nih gan,kalo beli hub ma cog itu satu set atau terpisah?harga yg kelas midle berapa?
thanks.

mas aku punya fixie bawaan united tapi berat banget buat skid..biar enteng apanya yang harus diganti ??
aku pake doltrap mata gear 20,,ama crank mata gear 46..

@zain : ada yg terpisah dan ada yg satu paket. untuk harga coba cek di bengkel yah :D udah cukup lama ga update harga

@bill paw : 46-20 sudah cukup enteng untuk skid, yang perlu dilakukan tinggal melatihnya saja. btw pake toeclip and strap? dengan adanya toeclip dan strap sangat membantu loh. coba cek yah di postingan lain tentang skid. ada kok :D

mas saya ingin ngerakit sepeda fixie???
saya punya Frame nya sepeda balap jadul...
kira-kira,apa saja yang saya harus siapkan.....
terimaksih ^_^

@dendi : yakin tuh balapnya mau dibikin fixie? ga mau jadi roadbike aja?
klo tetep mau fixie ya semua part diatas harus kamu miliki.

Posting Komentar