ShoutMix chat widget

Senin, September 26, 2011

Buku FIXIE by ceritasepeda.com




ceritasepeda.com : Saat mampir ke sebuah toko buku, saya menemukan ada sebuah buku tentang sepeda yang baru terbit. Buku yang diterbitkan oleh penerbit Second Hope bulan Juli lalu ini berjudul “Fixie”. Seperti terlihat dari judulnya buku ini adalah buku tentang sepeda Fixie dan seluk beluk sepeda yang sedang ngetrend di kalangan anak muda itu.
Buku yang ditulis oleh Raditya Daniswara ini cukup tipis, hanya sekitar 70an halaman. Dipadu dengan cover yang menarik dan harga yang murah, sekitar Rp23ribu, maka buku ini memancing penggemar sepeda, seperti saya, untuk membawanya pulang.
Tak butuh lama saya menuntaskan membaca buku ini. Hanya sekitar sejam buku itu habis terbaca. Ini bukan Cuma karena tipis, juga karena banyak informasi di buku tersebut yang merupakan informasi umum yang biasa kita jumpai di mana-mana. Informasinya secara umum kurang detail dan Cuma permukaan.
Kesan yang timbul setelah membaca buku ini adalah: kurang serius. Sistematika penulisannya kurang bagus. Selain itu, buku ini juga tidak jelas sumbernya. Tidak jelas mana informasi yang dikutip, mana yang copy paste dan mana yang tulisan sendiri. Cuma ada beberapa alamat web yang disebut di bagian belakang buku, tapi tidak jelas informasi yang mana yang dikutip dari web tersebut. Jangan-jangan semuanya.
Sumber gambar yang tidak ada, dan terlihat mengambil di internet membuat buku ini semakin terliat tidak serius. Bahkan ada gambar rem Deore XT yang dijadikan ilustrasi rem sepeda fixie. Padahal rem itu jelas-jelas rem sepeda gunung (MTB) dan bukan rem fixie. Ini menunjukkan penulis agak malas mencari gambar.
Bukan cuma itu, gambar anatomi sepeda juga tidak pas. Di buku itu anatomi sepeda yang ditampilkan adalah anatomi sepeda balap atau roadbike. Gambar ini banyak di internet. Seharusnya penulis membuat sendiri anatomi sepeda fixie dengan gambar sepeda fixie plus penjelasannya. Karena meski rangkanya sama, namun anatomi sepeda fixie dan balap sangat beda.
Info mengenai sepeda fixie tergolong masih minim di buku tersebut. Tambahan mengenai sejarah sepeda juga tidak banyak membantu. Padahal banyak hal yang bisa dikupas. Selain sepeda, misalnya bisa mengupas habis komunitas fixie yang ada di Jakarta atau Indonesia. Ini tentu butuh kerja keras wawancara dan bukan Cuma copas.
Intinya buku ini hanya menyajikan secuil informasi fixie. Bagi yang awam mengenai sepeda, juga awam soal fixie, buku ini bisa membantu. Karena sekecil apapun informasinya bisa menjadi dasar. Ada juga tips-tips merakit, mencat, dan membeli part fixie.  Namun bagi yang biasa berselancar di internet, membaca forum sepeda atau website sepeda, informasi di buku itu terlihat biasa saja. Banyak yang serupa tapi tak sama. Buku ini semacam rangkuman kecil informasi soal sepeda fixie yang biasa tersaji di dunia maya.
Bagaimanapun usaha penulis untuk menghadirkan buku yang berisi informasi mengenai sepeda fixie layak diapresiasi. Mungkin jika ada waktu penulis bisa merevisi dan memperbaiki buku tersebut agar lebih bermutu dan bermanfaat bagi para penggemar sepeda, khususnya sepeda fixie.(dian) 


Via : http://ceritasepeda.com

Dua hari yang lalu seorang teman melihat buku ini di sebuah toko buku besar di Jakarta dan kemudian menampilkan beberapa gambar didalamnya melalui twitter yaitu foto Rifu dan Fitra saat melakukan trackstand. dan ternyata di dalam buku tersebut mengcopy isi dan foto dari blog writebike tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada pihak kami. 
Bahkan Jurnal ilmiah pun HARUS nyantumin sumber kutipan. penulis ga beretika nih komen Rangga panji menanggapi kasus yang menimpa writebike.
di writebike terdapat tulisan copyright 2011 writebike yang artinya segala kontennya adalah milik writebike komen Galihleo. jadi bagaimana menurut anda?

1 comments:

Coba hubungi pengarang buku tersebut, tanyakan maksud mengapa tidak mencantumkan sumber tulisan atau bahkan meminta izin tulisan dari pemilik blog ini. mengingat segala isi blog ini sudah terlindungi hak cipta...
terlebih lagi penerbitan buku tersebut kan untuk tujuan komersil, dia mendapatkan untung dari sesuatu hal yang masih belum mendapatkan izin...

Posting Komentar